Senin, 26 Agustus 2019

Sedikit review tentang Rumahbelajar.id


Rumahbelajar.id merupakan situs Indonesian Open Educational Resources (Sumber pembelajaran terbuka di Indonesia) yang memiliki tagline "Learning for Everybody", tagline yang sama dengan situs belajar.kemdikbud.go.id yang serupa tetapi ternyata memiliki perbedaan, perbedaan mencolok adalah pada tampilan pertama, di rumahbelajar.id langsung disuguhkan beberapa literasi yang dapat kita baca ataupun kita unduh, sedangkan pada belajar.kemdikbud.go.id kita disuguhkan dengan pengenalan fitur utama dari situs tersebut. di rumahbelajar.id melihat sumber-sumber literasi yang diberikan dari beberapa kontributor seperti Pusat Teknologi dan Komunikasi, Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, SEAMEO BIOTROP, SEAMEO SEAMOLEC, Direktorat Sejarah, Direktorat Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan, Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan Yogyakarta, Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman dan Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan.

Sumber-sumber literasi tersebut berupa buku ataupun modul yang dapat kita unduh dan kemudian bisa kita baca, ataupun dapat kita masukan kedalam blog kita untuk bisa dibagikan kepada yang lain. Selain sumber bacaan tadi banyak juga materi-materi yang dibagikan disini seperti contohnya Sejarah, jurnal, Ilmu Sosial, hukum, matematika dan banyak lagi, disini juga difasilitasi dengan tab pencarian termasuk juga Bahasa, meskipun untuk fasilitas bahasa belum bisa digunakan maksimal, karena ketika saya mencari dengan menggunakan bahasa selain Indonesia, contohnya bahasa Jepang, hasilnya masih dalam bahan literasi dalam bahasa Indonesia.

Pada situs ini (rumahbelajar.id) terdapat banyak sekali materi literasi, tetapi hal ini sedikit berbeda dengan situs belajar.kemdikbud.go.id yang berisikan materi-materi yang bermacam-macam. Akan tetapi pada situs rumahbelajar.id ini yang dapat memasukan data hanyalah kontributor yang sudah saya sebutkan sebelumnya, berbeda dengan belajar.kemdikbud.go.id yang mana setiap guru atau komunitas dapat membagikan materi didalamnya. Selain itu juga rata-rata materi yang diberikan oleh rumahbelajar.id harus diunduh terlebih dahulu dan hanya dalam bentuk format pdf, sedangkan pada belajar.kemdikbud.go.id sudah ada berupa animasi atau pun video dan juga tulisan.

Pada rumahbelajar.id rata-rata berupa literasi umum yang hanya didistribusikan dari para kontributor yang sudah terdaftar. Berbeda dengan belajar.kemdikbud.go.id yang termasuk di dalamnya adalah materi pembelajaran juga, karena kontributornya adalah umum (guru atau komunitas) dan sesuai dengan pelajaran atau tingkatan yang diajarnya.

Demikian sedikit review dari saya, semoga bisa membantu rekan-rekan, dan juga bisa menjadikan rumahbelajar.id ini sebagai salah satu bahan literasi kita dan juga para siswa disekolah.



0 komentar:

Posting Komentar

 
ben world Blogger Template by Ipietoon Blogger Template